Ini 4 Penyebab Terjadinya Masalah Bayi Terlilit Tali Pusar

27 views

Ketika ada promo ramadhan Anda akan semakin gencar untuk membeli berbagai kebutuhan bayi. Namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan kondisi kesehatan kehamilan Anda agar terhindar dar risiko terjadinya kondisi terlilit tali pusar pada bayi yang berampak buruk. Kondisi ini harus Anda hindari dengan mengetahui penyebab terjadinya.

  1. Bayi yang Posisinya Turun ke Ruang Panggul

Bayi memilki tali pusar yang mengikuti arah pergerakan bayi ketika berada di dalam puncak rahim Anda. Lalu pada masa akhir kehamilan bayi Anda akan mulai turun panggul dengan membawa semua paket plasenta juga tali pusar.

Posisi ini merupakan posisi yang rawan karena ketika proses perpindahan ini terjadi air ketuban masih dalam kondisi penuh sehingga mendorong tali pusar melilit bayi. Lilitan tali pusar biasanya terjadi pada pada bagian leher bayi sesuai dengan gerakan putaran dari ujung fundus sampai ke ruang panggul.

  1. Kondisi Tali Pusar Bayi yang Terlalu Panjang

Tali pusar yang terlalu panjang akan membuat gerakan bayi di dalam kandungan tidak bisa leluasa. Jika bayi melakukan gerakan yang kuat akan membuat ketegangan tali pusat menjadi tinggi sehingga menyebabkan terjadinya lilitan pada leher bayi Anda di dalam kandungan.

  1. Kekurangan Nutrisi yang Terjadi pada Ibu Hamil

Kesehatan ibu akan sangat mempengaruhi kondisi kehamilannya. Ketika Anda mengalami kondisi kekurangan nutrisi dapat mengakibatkan terjadinya lilitan tali pusar pada bayi Anda. Terjadinya terlilit tali pusar karena kondisi kekurangan zat gelatin (jelly Wharton) sehingga mengakibatkan menurunnya perlindungan terhadap pembuluh darah di dalam tali pusar.

Zat gelatin tersebut berfungsi membuat tali pusar menjadi lentur sehingga dapat bergerak bebas pada genangan air ketuban. Jika kekurangan zat ini kondisi tali pusar akan kaku dan akan membuat bayi Anda ketiga bergerak lilitan mengikatnya karena tidak bisa kembali ke posisi semua.

Jadi usahakan Anda mengikuti pedoman gizi ibu hamil sesuai dengan kebutuhan trisemerter kehamilan. Ada baiknya dalam menjaga asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh, Anda menyiapkan jadwal makanan bergizi yang akan dikonsumsi. Jadwal tersebut juga bisa membuat Anda menyediakan makanannya dengan jumlah banyak dan harga promo ramadhan.

  1. Cairan Ketuban yang Dihasilkan dalam Jumlah yang Besar

Hidramnion merupakan kondisi cairan ketuban yang terjadi saat hamil Ibu hamil sangat tinggi sehingga membuat bayi sangat leluasa bergerak. Gerakan yang sangat lincah dilakukan bayi juga dapat menjadi penyebab terlilit tali pusar.

Selain terlilit tali pusar ada risiko kehamilan dari masalah air ketuban berlebihan yaitu pecahnya air ketuban sebelum kelahiran, Anda akan mengalami proses persalinan prematur, dan bisa juga terjadi kondisi di mana rahim dan plasenta terpisah dari rahim.

Lakukan olah raga dengan cukup selama proses kehamilan. Lakukan yang ringan-ringan saja seperti jalan pagi setiap hari. Anda bisa menyiapkan berbagai kebutuhan olah raga yang sebentar lagi akan tersedia dengan harga promo ramadhan.

 

Tags: #Cegah Tali Pusar Terlilit #Penyebab Tali Pusar Terlilit

Leave a reply "Ini 4 Penyebab Terjadinya Masalah Bayi Terlilit Tali Pusar"

Author: 
    author