Waspada! Anemia Sebabkan Ibu Hamil Bisa Lahirkan Anak dengan Kecerdasan Rendah

Anemia merupakan salah satu masalah kesehatan dengan penderita yang cukup besar di Indonesia. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Riskesdes pada tahun 2013 yang lalu, disebutkan bahwa lebi dari 1 dari 5 perempuan Indonesia yang usianya 15 tahun ke atas mengalami anemia. Sementara untuk pria di anka 1 dari 6 orang. Sementara di kalangan ibu hamil ternyata angkanya lebih tinggi yakni sebanyak 1 dari 3 orang ibu hamil mengalami anemia.

Hal ini jelas tak lepas dari asupan makanan bergisi dan kaya akan mikronutrien yang kurang. Mikronutrien sendiri adalah zat besi, vitamin C dan Zinc dan juga protein hewani dan nabati sebagai salah satu hal jenis makanan yang mengandung mikronutrien.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, Endang L Achadi menyebutkan bahwa anemia yang terjadi pada ibu hamil memiliki resiko yang cukup serius. Dimana mereka akan rentang mengalami pendarahan saat melahirkan dan juga janin yang dikandung pun bisa jadi akan terpengaruh.

Sebut saja gangguan yang bisa terjadi kepada bayi yang dikandung ketika ibu mengalami anemia antara lain adalah bayi lahir dengan berat badan rendah, yakni ketika dilahirkan bayi memiliki bobot kurang dari 2,5 kilogram dan rentang terkena penyakit dan lebih fatal adalah meninggal di usia yang masih dini.

Kemudian adanya kemungkinan penurunan masalah anemia dari ibu kepada anak sehingga risiko mobiditas dan juga bisa menyebabkan penurunan kecerdasan anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *