Tips Memilih dan Mengolah Lobak Agar Tidak Pahit Ketika Dimakan

Lobak memang bukan termasuk dalam sayuran yang umum dimakan, namun tak ada salahnya  untuk mencobanya sebagai sayur sebagai pelengkap menu masakan anda di rumah. Akan tetapi, lobak bukanlah bahan yang mudah untuk diolah, pasalnya seringkali menemukan lobak yang pahit ketika dimakan. Oleh karena itu, untuk membuat lobak tidak pahit ketika dimakan, maka anda pun harus melakukan beberapa cara untuk memilih dan juga mengolahnya. Berikut tipsnya :

Pilih yang Berkulit Halus

Anda bisa melihat tampilan lobak yang memiliki kulit halus, segar, dan tidak keriput atau kulitnya yang kering. Anda pun lebih baik menghindari memilih lobak yang memiliki banyak kerutan dan lengkungan. Selain itu, hindari juga lobak yang memiliki banyak bintik hitam.

Warna yang Cerah

Lobak yang tidak segar umumnya memiliki warna yang agak kusam kekuningan. Oleh sebab itu, pilihlah yang warnanya terang dan cerah. Selain itu, pastikan daunnya juga masih segar.

Pilih yang Muda

Lobak yang sudah terlalu tua akan berasa pahit ketika diolah. Oleh karenanya pilihlah yang masih muda. Namun, jika anda tidak yakin, maka pilihlah lobak yang berukuran sedang dan hindari yang ukurannya besar.

Rendam di Air Garam

Setelah membeli dan mengupas kulit lobak, bentuk sesuai kebutuhan dan langsung rendam dengan air garam. Proses ini tak hanya membuang getahnya saja, namun juga menghindarkan akan adanya rasa pahit dari lobak tersebut.

Rebus

Meski lobak umumnya bisa langsung dimakan, namun akan lebih baik jika anda terlebih dahulu merebusnya sebentar atau diblansir (blanching). Tekniknya adalah cukup memasukkan lobak ke dalam air mendidih sebentar untuk menghilangkan getahnya yang menjadikan lobak tersebut berasa pahit. Namun, jangan sampai layu langsung angkat ketika sudah berubah menjadi transparan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *