RESEP DAN CARA MEMBUAT OPOR AYAM MUDAH,ENAK!

Opor ayam memang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia terutama pada saat hari raya lebaran opor ayam menjadi menu favorit. Opor ayam merupakan makanan dari daging ayam yang disajikan bersama kaldu yang gurih dan nikmat. Pada saat perayaan lebaran biasanya opor ditemani dengan lontong dan sambal tentunya akan menggugah selera orang yang melihatnya. Opor ayam juga banyak dijadikan sajian menu di beberapa restoran dan menu opor ayam termasuk ke dalam menu favorit. Nah untuk kamu yang ingin mencoba membuat opor ayam dan ingin tahu resep opor ayam simak ulasannya berikut.

Bahan-bahan:

– 2 potong paha dan sedikit dada, di sayat-sayat
– 1 buah tahu, di belah-belah
– 3 telur rebus
– 2 buah kentang ukuran sedang, potong-potong
– 3 batang sereh, di geprek
– 1 ruas lengkuas, di geprek
– 1 ruas kunyit
– 3 siung bawang putih
– 7 siung bawang merah
– 3 biji kemiri
– 3 lembar daun salam
– 3 lembar daun kunyit
– 1300 ml air
– 1 sdmĀ  garam dapur
– 1 sdm kaldu jamur
– 2 sdm fiber creme

Cara pembuatan:

-Langkah pertama masak air hingga mendidih, masukan ayam, bersihkan kotoran pada air mendidih yang mengumpul di atas lalu ubah api menjadi lebih kecil.

-haluskan lengkuas dan sereh untuk dijadikan sebagai bumbu.

-kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan, daun-daunan sampai mengeluarkan bau yang wangi dan warnanya berubah.

-jika bumbu sudah matang masukan ke dalam ayam yang sudah direbus lalu tambahkan kentang, garam, dan kaldu.

-jika dirasa tekstur ayam sudah lembut masukan tahu dan tekur rebus.

-masukan fiber creme sambil di aduk secara pelan-pelan dan rasakan sampai rasa kaldu benar-benar pas di lidah.

Nah itulah resep dan cara membuat opor ayam dengan mudah. Membuat opor ayam memang harus teliti mengenai rasa kaldu dan racikan bumbu yang pas karena jika salah sedikit saja maka opor ayam akan gagal dalam hal rasa. Banyak orany yang tak memperdulikan bumbu-bumbu yang dibuat sehingga opor ayam memiliki rasa yang hambar atau bisa jadi malah memiliki rasa yang terlalu asin. Kamu tidak hanya dapat memasak opor ayam dengan menggunakan daging ayam ras saja tetapi opor ayam juga dapat dimasak dengan daging ayam kampung. Dan faktanya daging ayam kampung malah memiliki rasa yang lebih gurih ketimbang rasa daging ayam ras. Namun ada beberapa hal yang perlu diingat dalam memasak kedua daging ayam yang berbeda yaitu ketika memasak opor ayam menggunakan daging ayam kampung kita harus benar-benar merebus dagingnya dengan waktu yang lama, karena daging ayam kampung memiliki tekstur yang lebih keras dari pada ayam ras.

Memasak opor ayam jika ingin memiliki kaldu yang enak tentunya harus benar-benar memperhatikan kadar santan yang pas. Karena kadar santan oada kaldu opor ayam memiliki peranan penting terhadap rasa kaldunya. Untuk itu jangan terlalu banyak memasukkan santan dan jangan terlalu sedikit pula agar rasa kaldunya dapat pas di lidah.ragikan bumbu rempah juga harus diperhatikan dengan baikagar dapat bercampur dengan santan dan bahan makanan lainnya. Nah itulah beberapa informasi seputar cara membuat opor ayam dan resepnya semoga kalian yang ingin mencoba membuat opor ayam berhasil ya, terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *