Penyebab Meningitis, Penyakit yang Renggut Nyawa Glenn Fredly

Glenn Fredly dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (8/4). Mengutip dari sejumlah sumber di internet, pria asal Ambon tersebut masuk dan menjalani perawatan di rumah sakit mulai hari Minggu (5/4). Dirinya pun akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya di Rumah Sakit Setia Mitra, Jakarta karena meningitis yang dideritanya.

Meningitis atau yang juga disebut dengan radang selaput otak adalah salah satu infeski yang menyebabkan selaput di sekitar otak dan juga sumsung tulang belakang meradang. Penyebab penyakit ini adalah virus namun juga dalam sejumlah kasus didapati penyebabnya adalah bakteri dan juga jamur.

Pada beberapa kasus penyakit meningitis yang disebabkan oleh otak bisa disembuhkan dan sembuh sepenuhnya dengan tanpa bantuan pengobatan sama sekali. Namun, jika disebabkan oleh bakteri dan jamur memang sangat langka dan jarang ditemukan. Dimana bakteri dan jamur ini mengganggu orang-orang dengan sistem imun yang lemah.

Gejala awal dari penyakit ini adalah influenza. Ajan tetapi kemudian gejalanya berkembang dalam beberapa waktu dan beberapa hari seperti bisa menggigil dan demam. Jika terjadi pada bayi baru lahir dan anak-anak terjadi pula perubahan kondisi mental seperti bingung, mual dan muntah atau bisa juga sensitif terhadap cahaya, sakit kepala parah dan leher menjadi kaku serta pingsan.

Jika penderita meningitis yang disebabkan oleh virus ringan umumnya bisa sembuh sendiri dala waktu sekitar 7 sampai 10 hari. Sementara mengitis karena bakteri biasanya lebih parah dan bisa menyebabkan komplikasi yang serius serta otak bisa mengalami kerusakan, pendengaran menjadi terganggu dan ketidakmampuan dalam belajar.

Penyebabnya adalah patogen yang menjadi penyebab meningitis bakteri bisa juga berkaitan dengan penyakit lain yang serius seperti sepsis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *