Orang Tua Wajib Tahu Pilihan Makanan untuk Anak Diare yang Tepat Berikut Ini!

Gangguan pencernaan seperti diare pada dasarnya memang dapat dialami oleh siapa saja, diantaranya yang paling sering adalah terjadi pada anak-anak. sebenarnya ini bukan tanpa alasan, melainkan karena kekebalan tubuh mereka yang masih lemah, ditambah dengan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan yang masih kurang. Hal yang membuat buah hati lebih mudah untuk terserang penyakit. Hanya saja Anda tidak perlu khawatir, karena nyatanya hal ini tetap bisa diatasi dengan cara yang tepat.

makanan diare

Ada banyak sekali pilihan obat diare yang aman dikonsumsi oleh buah hati, diantaranya adalah dari Entrostop anak. Diformulasikan secara khusus sehingga aman dikonsumsi oleh buah hati Anda. Tak hanya itu saja, melainkan produk obat diare yang satu ini dibuat dalam bentuk sirup sehingga nantinya akan mempermudah buah hati untuk mengonsumsinya tentunya. Anda bisa dengan mudah menjumpainya di pasaran. Selain dengan mengonsumsi obat maka orang tua juga penting memperhatikan pola makannya, sehingga tidak akan memperparah kondisi diare yang dialami tersebut.

Wajib tahu juga makanan untuk anak diare yang tepat untuk dikonsumsi, sehingga akan membantu percepat proses pemulihan mereka, diantaranya adalah:

  1. Nasi atau bubur, karbohidrat ini tetap penting dikonsumsi oleh buah hati sebagai asupan energi mereka. apalagi selama mengalami diare tak jarang diantaranya yang mengalami badan lemas karena dehidrasi sehingga sulit untuk melakukan aktivitasnya. Jadi tetap berikan nasi ataupun bubur sebagai sumber energi bagi mereka, makanan semacam ini juga akan membantu memadatkan feses mereka, sehingga tidak buang air besar berkali-kali.
  2. Roti, tak hanya nasi saja, melainkan roti khususnya adalah roti gandum juga bagus dikonsumsi, makanan dengan pati ini juga termasuk sumber energi terbaik bagi mereka, ditambah lagi makanan tersebut nyatanya juga akan membantu dalam membuat tekstur feses nantinya akan lebih keras.
  3. Sup, mengonsumsi sup sangat dianjurkan karena akan menambah cairan dalam tubuh, apalagi selama terkena diare buang air besar secara terus-menerus membuat mereka banyak kehilangan cairan dalam tubuh. Tentunya hal ini sangat berbahaya karena beresiko menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang bisa berakibat fatal, sebagai solusinya maka bisa mengonsumsi oralit dan juga memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung cairan untuk jaga keseimbangan elektrolit tubuh.
  4. Kentang dan juga ubi, Anda bisa mengolahnya dengan cara direbus, sama halnya dengan nasi makanan yang satu ini juga termasuk karbohidrat sumber energi, jika seandainya buah hati tidak nafsu makan nasi atau bubur, maka dapat menggantinya dengan kentang maupun ubi rebus. Karena sama-sama sumber energi yang bagus untuk mereka.
  5. Daging, baik itu daging merah maupun daging putih semuanya adalah sumber protein yang tinggi dan bagus dikonsumsi selama masa pemulihan saat terkena diare. Namun dengan catatan penting sebaiknya daging tersebut dimasak hingga benar-benar matang untuk mengurangi resiko kontaminasi parasit yang justru dapat memperparah kondisi diare Anda tersebut.
  6. Telur, telur ini juga kaya akan kandungan protein yang bagus dikonsumsi selama menjalani pemulihan diare, hanya saja hendaknya dimasak sampai benar-benar matang.

Setidaknya itulah beberapa pilihan makanan untuk anak diare yang dapat Anda berikan guna mempercepat proses pemulihan penyakit tersebut, diare nantinya juga akan lebih cepat sembuh dengan asupan makanan yang tepat. Pastikan juga mereka tak kekurangan asupan cairan, jadi perbanyak minum air putih dan juga oralit.

Sumber diare pedia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *