IBX59EBBEBF99E27 Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara Sekarang Terancam Penjara - Look @ Rate - Look @ Rate

Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara Sekarang Terancam Penjara

Merokok dan mendengarkan musik ketika berkendara adalah sesuatu yang banyak orang sukai. Namun hal ini sebaiknya mulai anda tinggalkan. Sebab, terhitung sejak 1 Maret 2018 kemaren Polda Metro Jaya sudah mengeluarkan larangan akan hal tersebut. Sebagai sanksi, pihaknya pun tidak segan untuk melakukan menindak jika memang ada pengendara baik roda dua dan roda empat yang melanggarnya.

AKBP Budiyanto, Kasubdit BinGakkum Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya mengatakan bahwa nantinya pelanggar perihal tersebut akan diberi sanksi. Dan sanksinya antara lain adalah Rp 750 ribu atau kurungan maksimal tiga bulan.

“Pengendara tersebut bisa dikenakan pasal 106 UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” kata Budiyanto dalam penjelasannya di akun Instagram resmi @polantasindonesia, ditulis Kamis (1/3/2018).

Dilarangnya pengendara merokok dan mendengarkan musik ketika berkendara adalah karena hal ini dapat menurunkan tingkat konsentrasi pengemudi. Jika tingkat konsentrasi menurun, maka secara otomatis akan terjadi hal yang fatal.

“Sudah kronis, banyak pengendara Indonesia yang melanggar peraturan ketika di jalan raya dan itu dianggap biasa. Salah satu kebiasaan buruk yang kerap ditemui yakni merokok sambil berkendara, entah mobil atau motor,” demikian tulis akun @polantasindonesia.

Adapun dasar dari pelarangan ini adalah Pasal 106 ayat 1 dimana bunyinya adalah setiap pengendara kendaraan bermotor wajib berlaku wajar dan penuh konsentrasi. Berperilaku wajar disinilah yang diasumsikan untuk tidak merokok dan mendengarkan musik atau radio ketika berkendara.

“Penuh konsentrasi adalah penuh perhatian dalam arti tidak boleh melakukan kegiatan atau dipengaruhi oleh situasi yang dapat menurunkan tingkat konsentrasi. Misalnya capai, lelah, ngantuk, gunakan handphone, terpengaruh alkohol, narkotika dan lain-lain,” jelas Budiman.

Merokok dan Dengar Musik Saat Berkendara Sekarang Terancam Penjara | Kaya Sugih | 4.5