Ini 3 Risiko Bayi Usia di Bawah 4 Bulan Diberi MPASI, Ibu Wajib Tahu

Memberikan MPASI untuk bayi lebih cepat dari ketentuan mungkin saja dilakukan. Hanya saja para dokter biasanya tidak menyarankan hal ini dilakukan kepada anak di bawah 4 bulan karena masih terlalu kecil. Dimana 4 bulan sendiri adalah umur pemberian MPASI paling cepat.

Bayi Makan MPASIDikutip dari Mayo Clinic disebutkan akan ada beberapa risiko yang mungkin terjadi jika tetap memberikan MPASI pada anak di bawah umur 4 bulan. Meski pada umumnya bayi sudah mampu mengatur aliran makanan dengan aliran nafas dengan sangat baik.

Tersedak

Adapun risiko tersedak pun sangat tinggi jika dirinya menelan makanan padat karena makanan masuk melalui saluran nafasnya.

Meningkatkan Risiko Obesitas

Terlalu cepat dalam memberikan MPASI kepada anak cenderung membuat anak kelebihan kalori dalam tubuhnya. Oleh karenanya berat badan bayi cenderung akan naik. Kemudian lagi risikonya adalah bayi terbiasa makan dengan porsi yang lebih besar. Akibatnya bisa sampai pada tahapan obesitas.

Memicu Alergi Makanan

Alergi bisa saja terjadi pada anak karena memang beberapa makanan dapat memicu akan alergi. Hal ini disebabkan oleh tubuh si kecil yang mampu mengenali sejumlah zat yang masuk sehingga semuanya dianggap asing dan berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *