Dokter Sebut Olahraga Ampuh Atasi Migrain

Apakah anda pernah merasa migrain? Jika jawabanmu adalah iya, maka anda harus tenang. Pasalnya saat ini ada cara yang lebih menyehatkan daripada hanya mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk menyembuhkannya.

migrainDari organisasi medis, Cleveland Clinic disebutkan bahwa penyakit migrain dapat mempengaruhi sekitar 40 juta orang yang ada di Amerika Serikat. Dari uraiannya juga disebutkan bahwa migrain akan membuat jantung penderitanya berdebar-debar setidakya selama 4 jam.

Pada umumnya mereka juga menderita mual, muntah, dan yang paling ekstrem adalah rasa peka terhadap cahaya dan juga suara.

Lalu, bagaimana cara mencegahnya? Disamping anda bisa mengkonsumsi obat-obatan kimia, para profesional medis atau dokter dari Mayo Clinic menyebutkan hal yang bisa mengurangi rasa sakit dengan merubah gaya hidup. Sebut saja salah satunya adalah dengan berolahraga.

“Olahraga aerobik teratur mengurangi ketegangan dan dapat membantu mencegah migrain. Jika dokter setuju, pilih aktivitas aerobik yang kamu sukai, seperti berjalan, berenang, dan bersepeda,” ungkap Rathier, salah satu peneliti dikutip dari Pop Sugar.

Namun, anda juga harus tahu bahwa pemanasan yang dilakukan oleh orang yang kena migrain harus dilakukan dengan perlahan-lahan. Hal ini karena pada awalnya olahraga juga bisa menyebabkan pusing yang terjadi karena reaksi fisik terhadap peningkatan darah.

Namun, Rathier menekankan bahwa hal ini bukan alasan untuk berhenti atau menghindar dari aktivitas fisik. Akan tetapi, seseorang justru harus melakukan hal yang bersifat mencegah seperti pemanasan yang dapat dilakukan dengan bertahap.

Dijelaskan pula oleh Rathier mengenai gambaran ilmu dibalik efek latihan yang terjadi pada migrain.

“Ketika seseorang berolahraga, tubuh melepaskan endorfin, yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami tubuh,” tulisnya pada tahun 2015. Jadi, tidak ada salahnya jika mulai sekarang membiasakan untuk olahraga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *