Cara Kerja dan Manfaat Panel Surya

Apa Itu Panel Surya?

Panel surya atau solar panel adalah suatu komponen yang dapat digunakan untuk mengubah energi cahaya matahari menjadi energi listrik. Cara kerjanya tersebut menggunakan prinsip yang disebut efek photovoltaic. Umumnya, energi listrik yang diproduksi akan digunakan untuk kebutuhan listrik di rumah. Selain itu, ada juga yang disimpan terlebih dahulu dengan baterai.

panel suryaBagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, cara kerjanya adalah mengumpulkan energi cahaya matahari di siang hari. Meski demikian, sistem panel bertenaga matahari ini tetap dapat berjalan meski keadaan sore dan malam hari. Bahkan dalam keadaan hujan, panel surya tetap dapat berjalan berkat bantuan baterai. Panel surya tersebut terintegrasi ke panel listrik rumah lewat kabel. Sehingga secara otomatis konsumsi listrik dari barang elektronik di rumah menggunakan tenaga listrik dari panel surya. Nah, jika persediaannya tidak mencukupi, maka penggunaan listrik akan mengambil dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Cara kerjanya sendiri terjadi paralel dengan listrik PLN. Jika persediaan dari panel surya melebihi konsumsi listrik, tagihan listrik bisa dijual kembali ke PLN. Untuk membantu perhitungannya agar lebih akurat, meteran harus diganti dengan meteran ekspor impor. Fungsinya untuk mencatat berapa listrik yang dibeli dan berapa listrik yang dijual. Kemudian akan diketahui berapa biaya yang harus dibayarkan dilengkapi informasi selisihnya. Sebagai informasi tambahan, ada beberapa komponen panel tenaga matahari ini untuk di rumah.

Komponen tersebut terdiri dari:

– Panel surya.

– Baterai atau accu.

– Solar charge controller.

– Module atau PV.

– Inverter DC to AC (Digunakan agar dapat menghidupkan alat-alat yang tegangannya 220 volt, seperti kulkas dan televisi).

Manfaat Menggunakan Panel Surya

Dari segi penggunaan, energi listrik tenaga surya sangat cocok karena tidak menggunakan bahan bakar secara konvensional. Energi utamanya adalah matahari yang tentunya bisa didapatkan secara mudah dan gratis.

Dengan panel surya, kamu akan merasakan biaya tagihan listrik yang begitu hemat. Manfaatnya lainnya yang didapatkan jika dibandingkan dengan tenaga listrik biasa, antara lain:

– Membantu mengurangi pemanasan global.

– Tagihan listrik jadi lebih hemat secara jangka panjang.

– Menghemat ketergantungan pada listrik berbahan batu bata.

– Mudah dipasang dan digunakan.

– Tidak memerlukan lahan yang luas.

Untuk instalasi panel surya lakukanlah dengan jasa pemasangan panel surya berkualitas yang aman terpercaya. Loadbank Berkualitas untuk kebutuhan industri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *