Apa Itu Layanan Rapid Test? Begini Penjelasannya!

Perkembangan COVID-19 yang semakin memburuk di beberapa wilayah termasuk salah satunya di Indonesia adalah PR tersendiri bagi kita untuk mencegah supaya penyebaran virus corona bisa segera berakhir dan dunia bisa normal kembali. Dan sebagai salah satu upaya untuk menekan penyebaran virus tersebut pemerintah sudah mulai memberikan dan memberlakukan layanan rapid test di beberapa wilayah yang ada di Indonesia. Lalu sebenarnya apa itu rapid test? Dan apa manfaatnya?

Rapid TestApabila kita lihat dan perhatikan jumlah kasus pasien yang terinfeksi corona di Indonesia setiap hari akan selalu mengalami peningkatan. Dan jumlah peningkatannya juga tidak main-main bahkan sampai ratusan setiap harinya. Angka yang cukup tinggi tentunya. Maka dari itu, pemerintah mulai melakukan berbagai macam upaya supaya virus corona bisa segera hilang dan masyarakat Indonesia bisa hidup normal kembali. Mengingat bahwa dampak yang ditimbulkan oleh virus ini cukup luar biasa sekali. Tidak hanya merembet dalam bidang kesehatan saja, akan tetapi juga sangat berpengaruh besar terhadap kehidupan perekonomian masyarakat dan negara.

Sedikit informasi bagi yang belum mengetahui, bahwa layanan rapid test merupakan metode awal yakni skrining yang dilakukan untuk mendeteksi antibodi. Yakni untuk lgM dan juga lgG. Keduanya dihasilkan oleh tubuh dan berguna untuk melawan perkembangan virus corona yang ada dalam tubuh. Dan antibodi tersebut akan dibentuk oleh tubuh apabila terdapat paparan virus corona. Berikut ini adalah beberapa prosedur pelaksanaan rapid test:

  • Langkah pertama yakni seseorang akan diambil sampel darahnya yang di dapatkan dari ujung jarinya dan kemudian darah tersebut akan diteteskan pada alat rapid test. Setelah itu, biasanya cairan yang digunakan untuk menandai antibodi juga akan diteteskan pada tempat yang sama. Dan apabila sudah akan segera muncul hasilnya berupa garis dalam waktu 10-15 menit setelah tes dilakukan.
  • Keterangan lebih lanjut apabila seseorang terinfeksi virus corona hasilnya akan positif. Akan tetapi satu hal biasanya orang yang terpapar corona akan menunjukkan hasil rapid test negatif karena antibodi yang ada di dalam tubuhnya belum terbentuk. Dan untuk menanggulanginya biasanya akan dilakukan rapid test kembali yakni dalam waktu 7-10 hari setelahnya.

Satu hal penting yang tidak boleh diabaikan adalah apabila hasil rapid test tersebut positif, jangan terlalu panik dulu. Hal ini dikarenakan bisa saja hasil rapid test yang positif tersebut merupakan reaksi tubuh terhadap virus lain yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu, setelah hasil rapid test menunjukkan reaktif maka biasanya akan ditindaklanjuti dengan melakukan swab test. Hal ini untuk memastikan sekali lagi apakah tubuh tersebut memang benar-benar terinfeksi virus corona.

Saat ini di Indonesia sudah ada banyak sekali rumah sakit dan klinik yang menyediakan layanan rapid test dengan tujuan untuk menghentikan laju penyebaran virus corona di Indonesia. Dan salah satu tempat untuk melakukan rapid test terbaik yang bisa Anda pilih adalah di Aido. Aido merupakan klinik kesehatan yang akan memberikan layanan kesehatan termasuk salah satunya yakni rapid test kepada siapa saja yang ingin tahu apakah tubuhnya aman atau bahkan terinfeksi corona. Di Aido hasil test yang akan di dapatkan juga bisa dipastikan akurat dan terpercaya. Jadi tidak perlu lagi takut dan bingung bila hasilnya ternyata kurang akurat. Di Aido layanan rapid akan dilayani oleh dokter dan perawat yang terbaik serta peralatan kesehatan yang ada di Aido juga lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *