8 Faktor Resiko yang Bisa Menyebabkan DVT Deep Vein Thrombosis

Mungkin banyak diantara Anda yang sudah sering kali mendengar istilah DVT deep vein thrombosis atau yang dikenal juga sebagai trombosis vena dalam. Ini merupakan sebuah kondisi ketika terdapat gumpalan darah yang ada pada pembuluh darah vena. Biasanya bagian pembuluh darah ini lokasinya memang ada jauh di dalam otot kaki. Sehingga karena adanya gumpalan darah tersebut maka menyebabkan aliran darah juga menjadi terhambat, akibatnya daerah yang tersumbat tersebut menjadi bengkak, merah dan juga terasa sakit. Bahkan sangat mungkin nantinya gumpalan tersebut akan bergerak ke organ paru-paru yang bisa menyebabkan kondisi lebih serius.

Ada banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan terjadinya trombosis vena dalam ini, berikut diantaranya yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:

  1. Kerusakan pada lapisan dalam pembuluh darah, adanya luka yang disebabkan oleh faktor fisik, kemudian juga kimia sampai dengan biologis nantinya bisa merusak pembuluh darah yang ada di lapisan bagian dalam. Begitu juga faktor penyebab juga bisa dikarenakan oleh operasi yang tidak sempurna, kemudian juga peradangan sampai dengan reaksi sistem imuns yang berlangsung secara tidak normal.
  2. Aliran darah yang berlangsung lambat, bagi beberapa orang yang kurang melakukan aktivitas fisik nyatanya hal ini menyebabkan aliran darah di dalam tubuh mereka berlangsung secara lambat. Biasanya juga terjadi pada orang-orang selepas menjalani operasi, sehingga biasanya dianjurkan untuk berada di tempat tidur untuk jangka waktu lama, tidak diperbolehkan untuk bergerak terlalu aktif terlebih dahulu atau akan menyebabkan luka tersebut nantinya lebih lama sembuhnya. Juga ketika bepergian dengan naik kendaraan umum layaknya mobil dalam waktu lama dengan posisi kaki yang tidak berubah-ubah.
  3. Kondisi darah yang lebih kental, ketika seseorang memiliki darah yang lebih kental dibandingkan dengan orang pada normalnya. Misalnya adalah faktor keturunan yaitu V leiden. Begitu juga dengan terapi hormon dengan mengonsumsi pil KB. Maka hal ini bisa meningkatkan resiko terjadinya penggumpalan darah.
  4. Memiliki riwayat penggumpalan darah, beberapa orang memang mewarisi gangguan pada tubuh mereka dimana darah akan menjadi lebih cepat atau gampang menggumpal. Kondisi yang disebabkan oleh faktor keturunan tersebut jika seandainya dikombinasikan dengan beberapa faktor yang lainnya maka juga mudah untuk terserang DVT ini.
  5. Kehamilan, ketika sedang hamil maka tekanan pada pembuluh darah juga akan meningkat tekanannya, khususnya adalah pada bagian panggul dan juga kaki. Wanita yang sebelumnya memiliki faktor keturunan terhadap penggumpalan darah ini sangatlah beresiko untuk mengalami hal tersebut sampai nantinya 6 minggu setelah bayi tersebut dilahirkan, sehingga harus diwaspadai, karena bisa menyebabkan komplikasi yang serius.
  6. Obesitas, kegemukan atau istilah lainnya adalah obesitas bisa meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang ada di area panggul dan juga kaki, jadi orang-orang dengan berat badan berlebih juga beresiko tinggi untuk mengalami DVT ini.
  7. Gagal jantung, seseorang yang tengah menderita gagal jantung beresiko tinggi untuk terkena DVT sampai dengan emboli paru. Karena fungsi dari organ lainnya termasuk diantaranya adalah paru-paru hingga hati mulai terbatas.
  8. Usia, orang-orang dengan rentan usia di atas 60 tahun biasanya lebih tinggi kemungkinan untuk terkena DVT.

Setidaknya itulah beberapa faktor resiko yang harus diwaspadai karena bisa menyebabkan terkena DVT deep vein thrombosis ini, jika sudah terasa gejalanya, maka hendaknya segera dilakukan pengobatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *