4 Bahaya Jika Orangtua Sering Membantak Anak

Kaya Sugih

Anak seringkali menyebabkan orang tua merasa jengkel dan juga bisa jadi marah. Banyak anak yang nakal dan sulit untuk diberi nasihat. Namun, senakal apapun anak anda, usahakan jangan sampai anda membentak mereka.

Berdasarkan laman ibupedia.com, kebiasaan membentak anak yang dilakukan oleh orang tua bisa menimbulkan efek samping yang bahaya untuk anda itu sendiri. Setidaknya hal ini akan berpengaruh pada psikis anak.

Berikut adalah beberapa bahaya orang tua membentak dan memarahi anak.

Anak jadi Agresif

Anak yang terbiasa dibentak oleh orang tuanya akan tumbuh dan berkembang menjadi anak yang agresif. Dimana anak yang mendapatkan didikan yang keras dari orang tuanya pun akan tumbuh jadi anak yang keras pula. Hal ini dapat menyebabkan anak menjadi semakin nakal, sulit dikendalikan dan dinasihati. Suka menyerang dan memukul berkelahi dengan kawannya.

Anak Sulit Konsentrasi

Anak yang sering dibentak akan sangat sulig berkonsentrasi. Anak juga akan sangat sulit untuk bisa mengendalikan emosinya. Hal ini juga berefek meski anak di rumah adalah anak yang pendiam dan menyenangkan di rumah. Namun, bisa jadi di luar rumah mereka adalah pribadi yang keras sebut saja misalnya di sekolah.

Rasa Percaya Diri Anak Turun

Para ahli sepakat bahwa anak yang tumbuh dan berkembang di keluarga yang keras akan menjadi anak yang memiliki rasa percaya diri yang rendah. Dimana mereka merasa kurang dihargai dan disayangi. Tentunya sangat berbeda dengan anak yang tumbuh penuh dengan rasa cinta, kasih sayang dan kelembutan oleh keluarganya.

Cemas dan Takut Berlebihan

Anak yang tumbuh dan berkembang di keluarga yang keras akan menjadi anak yang memiliki rasa cemas dan takut yang berlebihan. Hal ini akan berasa ketika dirinya menghadapi konflik, dimana dirinya cenderung akan lari dari masalah ketimbang menghadapi dan menyelesaikannya.

Mengingat dampak buruk yang dihasilkan dari proses pengasuhan yang keras tersebut di atas. Maka hindarilah membentak anak anda. Berikanlah mereka kasih sayang meskipun terkadang mereka bandel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Spesifikasi dan Harga Vivo V15 Terbaru 2020

Vivo V15 sudah menjadi salah satu produsen smartphone yang laku keras di Indonesia. Bagaimana tidak, setiap seri yang dikeluarkan selalu diminati oleh konsumen dan dinanti-nanti kehadirannya. Nah, baru-baru ini, Vivo V15 hadir sebagai generasi penerus dari Vivo V11. Di seri V terbarunya ini, vendor asal Tiongkok berusaha menambahkan beberapa fitur […]

Subscribe US Now